my name hadryan kalanadoro .. i live on surabaya,jawa timur .. my favourite food is fried rice in station manukan ,, bucausee veryy good ,, hhmmbb,,yuummnyy .. my favourite drink is ice teaa because that very coolll .. i very love my girlfriend ..

tugas uh bu... (ISP)

Diposting oleh Hadryan Kalandoro Jumat, 26 Februari 2010

ISP (Internet Service Provider)

Internet service provider(ISP) merupakan perusahaan penyedia layanan akses internet bagi pengguna,baik perorangan, rumah tangga, sekolah, maupun perkantoran.

ISP di Indonesia cukup banyak yaitu:

  • Indosatnet
  • Indonet
  • Wasantara
  • Telkomnet

ISP akan memberikan layanan untuk menghubungkan ke internet melalui perangkat keras berupa modem,freewall,dan router. Tidak semua ISP dapat langsung menghubungkan komputer ke internet. ada juga ISP yang tidak dapat menghubungkan langsung ke internet. untuk ISP jenis ini, maka ISP tersbut harus memiliki koneksi ke Internet Net Work Provider (INP) yang merupakan perusahaan yang menyediakan layanan koneksi ke internet di Indonesia baru ada sebuah INP yaitu INDOSAT.

Untuk melakukan koneksi ke ISP, ada beberapa macam bentuk sesuai dengan model ISP -nya. Bentuk-bentuk koneksi tersebut sebagai berikut:

  1. ISP sebagai perusahaan telekomunikasi. PT Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia yang bertindak sebagai ISP.Adapun bentuk koneksi yang ditawarkan adalah secara dial up atau leased line.
  2. ISP sebagai perusahaan penyedia jasa koneksi ke internet semata. pada umumnya perusahaan ini menawarkan koneksi nirkabel.
  3. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan operator ponsel. Memberikan layanan jenis teknologi ponsel misalnya GPRS.
  4. ISP sebagai perusahaan penyedia layanan tv kabel yang menjangkau lokasi dengan menggunakan kabel broadband. Tetapi kini telah dikembangkan untuk akses internet.

MEMBANGUN INTERNET SERVICE PROVIDER

Dimulai pada dekade 90-an perkembangan Internet semakin berkembang pesat, di Indonesia sendiri bisnis Internet mulai dikenal sekitar tahun 95-an yang diawali dengan munculnya Internet Service Provider yang menyediakan akses ke Internet dengan bandwidth berkisar antara 14.4 kbps hingga 28.8 kbps.
Hingga akhir tahun 1999 daftar ISP di Indonesia baik yang sudah beroperasi maupun belum beroperasi sekitar 55 ISP, tapi saat ini di tahun 2001 ini jumlah ISP secara keseluruhan yang tercatat di Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah menginjak angka 155 ISP.
Bisnis ISP memilik prospek yang bagus. Saat ini semua bisnis yang berbasis Internet tidak akan berkembang apabila infastruktur dan koneksi ke Internet tidak dibangun terlebih dahulu, berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
A. PENGERTIAN ISP

1.
ISP adalah perusahaan yang menyediakan jasa layanan ke Internet yang dikenal dengan nama Web Server. ISP digambarkan sebagai penyedia jasa internet di mana ISP merupakan gerbang utama sebelum komputer dapat mengakses Internet.
Beberapa ISP di Indonesia diantaranya adalah Indonet, Telkomnet, Sistelindo Centrin Internet, LinkNet dan sebagainya. Saat ini sebenarnya sudah makin rnenjamur bahkan untuk ISP milik pemerintah seperti Wasantranet dan Telkomnet sudah tersedia di hampir seluruh propinsi, khususnya di kota-kota besar. Di Asia ISP yang ada yaitu IAC online, I-Net, Singnet, Dacom, dan PSI Japan.

Layanan yang disediakan oleh perusahaan Internet Service Provider diantaranya:
1. Akses Internet
2. E-mail
3. Membangun Website
4. Hosting atau menempatkan website yang dibuatsendiri.

Untuk berlangganan atau menggunakan ISP, maka komputer yang digunakan haruslah terdaftar pada satu atau lebih ISP. Pendaftaran ke ISP bisa dilakukan dengan gratis seperti pada Telkomnet atau menghubungi bagian pemasaran ISP tersebut.

JENIS KONEKSI KE ISP

Untuk melakukan penyambungan ke Internet terdapat beberapa cara sesuai dengan tingkat pengaksesan dari komunikasi internet.
Koneksi ke internet dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1. On-line atau Dial-up, yaitu penyambungan yang mengutamakan biaya yang dengan akses yang terbatas.
2. SLIP / PPP, yaitu koneksi yang mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat, sehingga kita dapat menjalankan program-program yang ada di Internet. Selain kita tidak lagi mengirim data per karakter melalui modem.
3. Fasilitas yang dapat disewa, yaitu menggunakan fasilitas yang disewakan oleh suatu perusahaan yang merupakan administrator jarinqan pada internet.
Contoh perusahaan yang ada di Indonesia diantaranya adalah Telkom, Indosat, dan CBN.

KONEKSI KE ISP

Sebelum komputer dapat mengakses website pada Internet, terlebih dahulu komputer tersebut terdaftar pada salah satu perusahaan penyedia layanan internet. Untuk melakukan pendaftaran ke ISP di Indonesia yang sering digunakan adalah ISP dari Telkom. Prosesnya sangat mudah dan salah satu kelebihannya tidak perlu mendaftar dan menyediakan penyambungan secara gratis dan kita hanya melakukan setting instalasi pada komputer.
Pendaftaran ke ISP/Provider yang harus diperhatikan adalah jenis pelayanan jumlah jam maksimal, dan biaya registrasi / pendaftaran dan lanqqanan setiap bulannya. Disamping itu juga rnenentukan lokasi terdekat dengan tempat tinggal. Hal ini penting karena jarak menentukan biaya pemakaian pulsa telepon.

0 komentar

Posting Komentar